Senin, 19 September 2016

KKN #DAY18





Hari ini kami juga melakukan kegiatan TPA untuk perliapan Lomba TPQ. Sore hari ini diisi dengan review materi wudlu dan pemberian materi shalat. Materi wudlu yang sudah diberikan di pertemuan sebelumnya, dipraktekkan kembali oleh masing-masing santri TPA. Kemudian, kami memberikan materi tentang sholat. Teman-teman KKN tidak hanya memberikan teorinya saja, melainkan juga prakteknya. Disini saya bertugas untuk mempraktekkan gerakan-gerakan shalat. Semua santri TPA menirukan dan mempraktekkan berkali-kali hingga dirasa cukup hafal. Dalam pelaksanaan praktek shalat ini santri perempuan dan laki-laki dipisah oleh masing-masing mentor mengingat ada beberapa gerakan antara laki-laki dan perempuan yang memiliki sedikit perbedaan. Setelah kegiatan TPA ditutup, kami segera pulang ke Posko untuk mengambil air wudlu dan bergegas kembali ke masjid untuk melaksanakan shalatmaghrib secara berjama’ah. Seusai shalat maghrib, kami berencana untuk bimbel kali ini diadakan di Taman Baca Mandiri Duta, maka kami segera kembali ke posko untuk menunggu adik-adik peserta Les berkumpul terlebih dahulu. Waktu menunjukkan pukul 18.20 petang dan kami sudah tiba di TBM Duta. Masing-masing peserta Les memiliki kesibukan-kesibukan tersendiri, diantaranya: mengerjakan PR mereka, belajar untuk persiapan besok, meminjam buku yang ada di TBM Duta, dan lain sebagainya. Kegiatan di TBM berakhir hingga pukul 19.20 petang. Kami segera pamit karena kami ada keperluan untuk mengunjungi rumah Pak Bayan. Sayangnya, beliau dan keluarga ada keperluan keluar. Kami pun berbelok arah, segera kembali ke posko. Malam ini kami mengadakan rapat dan merundingkan beberapa hal, diantaranya:
·         Acara pelepasan mahasiswa KKN kelompok 127 dan 128 akan menampilkan drama musikal dan pantomim.
·         PR:
-          Menyusun materi tentang shalat, doa-doa, wudhu, dan adzan, dan mencari gambar masjid untuk lomba mewarnai.
-          Materi diperbanyak/difotokopi sebanyak jumlah pendaftar.
-          Pendaftaran lo9mba dibuka mulai hari senin.
·         Job list untuk masing-masing TJ: mempersiapkan tempat dan mengarahkan peserta.
·         Susunan acara untuk Lomba TPQ:
1.       Pembukaan
2.       Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an (Peserta TPA Masjid Umar bin Al-Khattab yang mewakili lomba Qiro’ah se-Tawangsari)
3.       Sambutan:
a.       Ketua Panitia (Diaz)
b.      Ketua Ta’mir Masjid (kalau tidak bisa hadir, minta diwakilkan Bu Ira – sekaligus membuka acara)
4.       Penutupan (Lanjut ke acara inti alias lomba-lomba)
·         Usulan:
-          Turut serta dalam iuran untuk snack pengajian (setiap malam jum’at) kurang lebih 100.000,- (tapi belum dibicarakan ke Bu Ira)
-          Snack untuk lomba TPQ (tapi belum dibicarakan ke Bu Ira)
Gambar 1. Kegiatan Belajar Bersama Adik-adik Peserta Les
di Taman Baca Masyarakat "Duta" 
Gambar 2. Kegiatan Belajar Bersama Adik-adik Peserta Les 
di Taman Baca Masyarakat "Duta" 


Gambar 3. Kegiatan Belajar Bersama Adik-adik Peserta Les 
di Taman Baca Masyarakat "Duta" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar